Kamis, 10 Januari 2013

Jeruk Nipis




Bila melihat jeruk nipis terbayang rasanya yang sangat masam dan agak pahit,
buah ini banyak digunakan pada masakan untuk memasamkan makanan sehingga akan meningkatkan aroma dan rasa segar.  


Jeruk nipis dikenal dengan bahasa latin Citrus Aurantifolia Swingle. Jeruk nipis mempunyai nama daerah bermacam-macam, antara lain: kelangsa (Aceh), jeruk alit (Nusa Tenggara) dan masih banyak lagi nama daerah lain di Indonesia.


Kandungan yang terdapat didalam jeruk nipis.

Jeruk nipis juga kaya akan vitamin C, Vitamin A, dan juga Vitamin B1, juga mengandung asam sitrat, zat besi, fosfor, limonenem dan juga linalool.
Mengonsumsi jeruk nipis dengan air hangat di pagi hari bisa membersihkan racun dalam tubuh. Sebetulnya tidak sepenuhnya benar, karena apabila air jeruk nipis ditambahkan air hangat, perusakan vitamin C dan bioflavonoid akan terjadi lebih cepat. Bila kebiasaan mengonsumsi air jeruk nipis (kalau tidak memiliki masalah lambung) memiliki benefit untuk menaikkan pH dalam tubuh, terutama urine, yang membuat ginjal dapat bekerja dengan lebih baik untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.


Berikut manfaat dari buah ini antara lain:


1.    Memperbaiki daya tahan tubuh.

2.    Sebagai antioksidan.

3.    Mencegah munculnya kanker.

4.    Berguna untuk pembentukan kolagen dalam tubuh.

5.    Membantu meringankan cegukan atau sendawa.

6.    Membantu melarutkan batu empedu.

7.    Mempercepat masa penyembuhan luka.

8.    Mengurangi alergi.

9.    Merawat mata, karena Zat flavonoid yang terdapat dalam jeruk nipis dapat membantuk menjaga kesehatan mata dari bebagai macam jenis infeksi, selain itu juga jeruk nipis juga dapat membatu punuaan dini dan degenrasi pada mata.

10.  Memperlancar pencernaan dan membantu meringankan gangguan pada pencernaan, dengan cara air jeruk nipis dicampur dengan air hangat kemudian diminum. Gangguan pencernaan yang bisa diatasi adalah mual, mulas dan sembelit yang disebabkan karena parasit.

11.  Mengobati penyakit Asma. Sakit sesak nafas, atau sering di sebut dengan asma, merupakan penyakit yang sangat menyiksa dan sakit. Penyebab: menyempitnya paru-paru dan kurang mendapat oksigen. Untuk mengobati sesak nafas anda, dengan jeruk nipis, maka siapkan bahan: 1 potong gula batu, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam kampung, 1 buah jeruk nipis, 1 sendok teh bubuk kopi. Cara menggunakan:peras jeruk nipis, bawang merah diparut, dicampur dengan bahan lainnya dan diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk hingga rata, dan saring. Minum setelah makan pagi secara teratur.

12.  Menyembuhkan Amandel, dengan cara cuci 3 kulit jeruk nipis lalu potonglah, kemudian rebuslah dengan 2 gelas air sampai tersisa ¾, saringlah kemudian gunakan untuk berkumur-kumur, lakukan kegiatan ini 3-4 kali dalam satu hari.

13.  Anyang-anyangan, dengan cara dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

14.  Menyembuhkan Batuk, dengan cara 1 buah jeruk nipis di kuliti, lalu peras sampai kempot campur dengan 1 sendok madu atau kecap beri dengan sedikit garam, aduk sampai rata. Minum satu kali tiap hari.

15.  Menyembuhkan Batuk disertai influenza, dengan cara cara yang pertama yaitu potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

Cara yang ke dua cuci bersih satu buah jeruk nipis lalu peras, tambahkan bawang merah yang telah anda lumatkan sebanyak 3 siung, dan minyak kelapa satu sendok makan, oleskan kepada penderita pada bagian kening.
Cara yang ke tiga yaitu panggang satu buah jeruk nipis sebentar saja, potong lalu peraslah, tambah madu sebanyak satu sendok makan, minum sekaligus.

16.  Radang tenggorokan, dengan cara potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. lakukan 3 kali sehari.

17.  Menyembuhkan Demam atau flu, dengan cara yang pertama yaitu Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.

Cara yang ke dua Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

18.  Mengurangi lendir ditenggorokan, dengan cara potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

19.  Demam saat malaria. Adapun caranya sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (cordia obliqua willd.) (blumea balsamifera l.) , dan 5 lembar daun prasman (eupatorium triplinerve vahl.). rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. setelah dingin, saring. air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

20.  Membantu meredakan sakit kepala, dengan cara air jeruk nipis dicampur dengan kopi. Karena dapat menarik atau menetralkan kafein yang banyak terkandung dalam kopi tersebut.

21.  Menyembuhkan vertigo. Adapun caranya setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. lakukan 2 kali sehari.

22.  Tekanan darah tinggi. Adapun caranya sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

23.  Sakit gigi, dengan cara campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

24.  Dapat menghentikan hidung berdarah, dengan cara menuangkan air jeruk nipis pada kapas kemudian dioleskan ke lubang hidung.

25.  Menghaluskan bibir, bila bibir dalam keadaan pecah-pecah hindari dalam mengoleskan jeruk nipis karena akan terasa perih.

26.  Menghentikan perdarahan gusi.

27.  Menyembuhkan Ambeien, dengan cara ambil akar pohon jeruk nipis sebanyak 10 gr cuci sampai bersih, kemudian rebuslah dengan menggunakan air sebanyak 1 liter selama kurang lebih ½ jam, lalu saring dan minumlah air saringan jeruk nipis tersebut hangat-hangat dalam 3 kali dalam sehari.

28.  Bermanfaat bagi penderita rematik karena zat yang terkandung didalamnya dapat mengeluarkan atau membersihkan toksin dan bakteri dari dalam tubuh.

29.  Menyembuhkan penyakit Batu ginjal, dengan cara ambil jeruk nipis jawa sebanyak 2 butir, peraslah kemudian diencerkan dengan menggunakan air hangat sebanyak 2 gelas, anda minum setelah jam makan malam, lakukan kegiatan ini selama 10 hari setiap hari.

30.  Menyembuhkan Difteri, adapun caranya dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

31.  Haid tidak teratur, dengan cara tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

32.  Menambah stamina, dengan cara campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

33.  Membuat kuku menjadi cemerlang.

34.  Melangsingkan badan, dengan cara tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

35.  Membuat rambut menjadi lebat, Ambil satu buah telur ayam kampung ambil kuningnya aja, kocok dengan perasan jeruk nipis kampung sebanyak 3 butir sampai rata, kulit kepala yang telah bersih beri dengan ramuan tadi, gosok-gosok, pijit-pijitlah sampai rata, diamkan selama kurang lebih selama 2 jam-an baru anda bilas dengan menggunakan sampo yang bisa membuat rambut anda mengkilap dan lebat, yaitu dengan sampo merang. Shampo merang ini di buat dari bahan 1 ikat merang yang di bakar sehingga menjadi arang (bukan abu) rendamlah dengan menggunakan air dan biarkan selama satu malam atau semalaman. Saringlah lalu anda sudah bisa menggunakannya untuk berkeramas.

36.  Membuat rambut halus, lembut dan berkilau. Adapun caranya dengan memeras air jeruk nipis secukupnya, airnya diusapkan ke rambut kemudian dijemur dengan sinar matahari selama 1 jam, baru anda bilas dengan sampo sampai bersih maka rambut anda akan terlihat berkilau dan kelihatan lebih sehat.

37.  Mencegah rambut rontok dan dapat menghilangkan ketombe. Adapun caranya dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. lakukan 3 kali seminggu.

38.  Melebatkan rambut. Adapun caranya satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

39.  Bermanfaat sehabis melahirkan, dengan cara satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.

40.  Menyembuhkan jerawat, dengan cara ambil satu buah jeruk nipis yang telah di cuci, lalu iris menjadi dua, kemudian irisan tersebut usap-usapkan pada wajah anda.

41.  Menghilangkan noda jerawat yang terdapat pada wajah. Cukup digosokan irisan dari jeruk nipis pada bagian wajah anda. Fokuskan pada daerah yang terdapat bekas jerawat seperti flek hitam, gosokan secara perlahan untuk menghindari kerusakan pada kulit wajah anda. Setelah digosok secara menyeluruh dan merata lalu diamkan hingga agak mengering (sekitar 20 menit). Setelah agak mengering lalu basuh wajah anda dengan menggunakan air bersih. 

Bisa juga juga menggunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat. Cuci wajah anda dengan menggunakan perasan air jeruk nipis rutin setiap malam hari menjelang tidur. Sebelum mencuci wajah dengan menggunakan perasan air jeruk nipis terlebih dahulu cuci wajah anda dengan menggunakan air bersih lalu bilas menggunakan perasan air jeruk nipis setelah itu bilas kembali menggunakan air bersih.
Dapat juga sebagai masker, bekas jerawat pengangkat sel kulit mati pada wajah anda. Peras jeruk nipis kedalam wadah lalu tambahkan madu aduk keduanya hingga merata, setelah itu anda dapat mengenakannya sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.

42.  Sebagai pengontrol minyak berlebih pada wajah, kulit nampak lebih cerah, lebih kencang, terhindari dari kerutan halus pada wajah, merapatkan pori-pori, komedo hilang bahkan dapat membuat wajah lebih lembut.
Anda bisa mencampurkan madu dan jeruk nipis sebanyak 1 : 1, dan ditetesi sedikit minyak zaitun. Sebelum mengoleskan ke wajah, jangan lupa untuk membersikan wajah, guna membuka pori-pori. Manfaat jeruk nipis dan madu, akan lebih terasa jika penggunaannya dilakukan berulang. Setelah melakukan masker di wajah, cuci wajah sampai bersih dengan air dingin.

43.  Menghilangkan Bau badan, dengan cara yang pertama yaitu potonglah jeruk nipis yang besar menjadi 2 bagian, pada irisan olesilah tipis-tipis dengan kapur sirih, oleskan pada ketiak anda setelah mandi, biarkan kira-kira selama 5 menitan, lalu bilaslah. Lakukan hal tersebut setiap sehabis mandi.
Cara yang ke 2 yaitu ambil secukupnya daun jeruk nipis, tumbuklah sampai halus, lumat, cetak kecil-kecil seperti pil, makanlah 3 kali dalam sehari.

45.  Menyembuhkan kurap atau panu. Adapun caranya cuci 1 genggam akar landep (barleria prionitis l.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

46.  Terkilir, dengan cara tiga buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. lakukan 3 kali sehari.

47.  Pegal linu, adapun caranya cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

48.  Mengurangi rasa licin pada saat mencuci piring.

49.  Dapat membersihkan karat pada logam.

50.  Menghentikan Kebiasaan Merokok.Adapun caranya Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar